Penyaluran Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah di Kemantren Mantrijeron

MANTRIJERON (23/08/2024) -  Pada Agustus 2024, Pemerintah Indonesia melanjutkan komitmennya dalam penyediaan bantuan pangan untuk masyarakat melalui penyaluran bantuan pangan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang menargetkan 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di seluruh Indonesia. Selanjutnya untuk Kemantren Mantrijeron sendiri ditargetkan sejumlah 2388 KPM yang tersebar di tiga wilayah kelurahan yang akan menerima bantuan pangan berupa 10 kilogram beras tersebut. 

Berlokasi di Kemantren Mantrijeron, penyaluran bantuan pangan CBP dilaksanakan pada Kamis – Jumat, 22 – 23 Agustus 2024 di Pendopo Kemantren Mantrijeron untuk KPM yang berasal dari Kelurahan Suryodiningratan dan Kelurahan Mantrijeron serta di Kantor Kelurahan Gedongkiwo untuk KPM yang berasal dari Kelurahan Gedongkiwo. Adapun penerima bantuan pangan dari Kelurahan Suryodiningratan sebanyak 686 KPM, Kelurahan Mantrijeron 616 KPM, dan Kelurahan Gedongkiwo 1086 KPM. Dari seluruh penerima tersebut, sejumlah KPM yang belum mengambil bantuan akan mendapatkan undangan untuk jadwal pengambilan selanjutnya dikarenakan seluruh bantuan yang ada harus habis dan diterima sesuai dengan penerima yang terdaftar.

Berbagai pihak yang turut terlibat dalam pembagian bantuan pangan tersebut meliputi pihak Bulog, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pendamping PKH, Anggota PSM masing-masing kelurahan, personil Polsek dan Koramil Mantrijeron, BKO, serta perangkat Kemantren dan Kelurahan. Kegiatan dimulai pada pukul 07.30 pagi sampai dengan selesai. Jalannya kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik, tertib dan lancar berkat sinergi dari seluruh pihak yang terlibat. Harapannya, program penyaluran bantuan pangan ini dapat menjadi bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat dan mengurangi kesenjangan sosial.

Penyerahan secara simbolis bantuan beras oleh petugas penyalur bantuan (satu dan dua dari kanan) kepada Lurah Gedongkiwo (dua dari kiri) didampingi oleh TKSK Mantrijeron (satu dari kiri) di Kelurahan Gedongkiwo.