KEMANTREN MANTRIJERON TAMPUNG ASPIRASI MASYARAKAT MELALUI MUSRENBANG 2024 UNTUK TAHUN 2025

MANTRIJERON (30/01/2024) – Kemantren Mantrijeron telah menyelesaikan kegiatan wajib tahunan yaitu, Musyawarah Rencana Pembangunan (MUSRENBANG) tahun 2024 untuk rencana kegiatan 2025. Sebelum terlaksananya MUSRENBANG tingkat Kemantren, masing-masing Kelurahan telah melaksanakan MUSRENBANG untuk tingkat Kelurahan. Jadwal pelaksanaan MUSRENBANG yang telah dilaksanakan oleh Kelurahan Gedongkiwo dan Suryodiningratan pada hari Sabtu, 13 Januari 2024, sedangkan untuk Kelurahan Mantrijeron dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Januari 2024. Pelaksanaan kegaiatan MUSRENBANG dilakukan secara luring dan daring, baik ditingkat Kelurahan ataupun tingkat Kemantren. 

MUSRENBANG tingkat Kemantren Mantrijeron yang dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 30 Januari 2024 dihadiri oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta, Drs. Yunianto Dwisutono yang dilaksanakan di Hotel Pandanaran, Kota Yogyakarta.
Kegaiatan ini secara resmi dibuka oleh Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos. dan sebagai moderator acara adalah Mantri Anom Mantrijeron, Eni Purwati, S.STP., M.Si. selain itu, audiens MUSRENBANG yang turut hadir secara daring adalah dinas-dinas yang terkait. Sedangkan audiens yang hadir secara luring diantaranya dari pimpinan Forkompimtren Mantrijeron, Ketua LPMK Kelurahan se-Kemantren Mantrijeron, TP PKK Kemantren Mantrijeron, Ketua Kampung se-Kemantren Mantrijeron , Ketua Karang Taruna, FKDM Kemantren Mantrijeron, Forum Bank Sampah Kemantren Mantrijeron, IGTKI Kemantren Mantrijeron, Kader GISA Kemantren Mantrijeron, FPK Kemantren Mantrijeron, Ketua Gapoktan Kemantren Mantrijeron, TKSK, PKH, PLKB, Kelompok Seni  se-Kemantren Mantrijeron, Komisi Lansia Kemantren Mantrijeron, Forum Kecamatan Sehat, Gugus Kwaran Kemantren Mantrijeron,  Ketua Forum PAUD Kemantren Mantrijeron, IPSM, Koordinator LINMAS, Koordinator KTB Kemantren Mantrijeron dan Ketua Inisiasi Masyarakat Perkotaan (IMP) Kemantren Mantrijeron. 

Tema MUSRENBANG tahun 2024 adalah "Pemantapan Pembangunan Manusia dengan Dukungan Layanan Publik Berkualitas untuk Kesejahteraan Masyarakat". Berdasarkan tema tersebut, diharapkan Musrenbang ini dapat menjadi jembatan untuk masyarakat dan pemerintah berkerja sama membangun wilayah untuk semakin maju dan berkembang kearah yang lebih baik dan sejahtera. Musrenbang merupakan kegiatan wajib tahunan yang diharapkan oleh masyarakat dapat menampung seluruh aspirasi masyarakat, sesuai tingkatan penyelenggara, dimulai dari usulan tingkat kampung, kemudian berlanjut tingkat Kelurahan, dan selnjutnya tingkat Kemantren. Berbagai usulan masyarakat diwakilkan oleh masing - masing lembaga masyarakat yang ada diwilayah, seperti PKK, GISA, PAUD, LANSIA, dan lain sebagainya. 

Musrenbang tahun 2024 ini dilaksanakan mulai pukul 09.30 WIB diawali dengan registrasi peserta dan tamu undangan, dan diakhiri dengan penandatanganan berita acara berkas Musrenbang oleh ketua LPMK masing-masing kelurahan, dimulai dari Kelurahan Gedongkiwo, Kelurahan  Suryodiningratan dan Kelurahan Mantrijeron selanjutnya berkas berita acara juga ditandatangani oleh Mantri Pamong Praja Mantrijeron. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemantren Manrtijeron juga turut menghadirkan Penerjemah Bahasa Isyarat (PBI) untuk membantu tamu undangan tunarungu dan tunawicara untuk lebih memahami seluruh diskusi yang dilaksanakan selama Musrenbang berlangsung. Sebagai tanda dari selesainya acara Musrenbang tersebut penyelenggara melakukan foto bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Yogyakarta yang telah mendampingi kegiatan tersebut hingga akhir acara.