MANTRI PAMONG PRAJA MANTRIJERON PRESENTASIKAN CAPAIAN KINERJA DAN POTENSI WILAYAH PADA PENILAIAN EKK 2023

MANTRIJERON (17/10/2023) - Mantri Pamong Praja (MPP) Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos menyambut Tim Penilai Evaluasi Kinerja Kemantren (EKK) di Pendopo Asmorodono Kemantren Mantrijeron. Tim EKK dibentuk dan ditetapkan oleh Wali kota untuk melaksanakan Evaluasi dan Penilaian Kinerja Kemantren, adapun pelaksanaan Evaluasi dan Penilaian Kinerja Kemantren dikoordinasikan oleh Perangkat Daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang pemerintahan umum.

Evaliasi Kinerja Kemantren dilaksanakan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun, yang dilakukan secara dari melalui aplikasi "SI KEREN". Penyelenggaraan ini berasaskan transparansi; akuntabilitas, partisipatif dan sinergisitas sehingga turut diundang dan hadir diantaranya, Forkompim Kemantren Mantrijeron, Pendamping Keluarga Harapan, Penyuluh Keluarga Berencana (KB), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), dan Kader GISA.

Acara dimulai dengan sambutan dan paparan dari Mantri Pamong Praja Mantrijeron, dilanjutkan klarifikasi lapangan bukti dukung oleh Tim Evaluasi Kinerja Kemantren. Tim EKK bertugas melaksanakan konsultasi dan koordinasi teknis dalam menyusun instrumen EKK; merumuskan pedoman dan petunjuk pelaksanaan EKK; melakukan verifikasi dan validasi terhadap data dukung Penilaian dan EKK; memberikan rekomendasi rekomendasi dari hasil EKK kepada MPP; mengusulkan penetapan Kemantren terbaik kepada Wali Kota; melakukan monitoring atas tindak lanjut rekomendasi dan hasil EKK; dan menyusun laporan kegiatan kepada Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Berdasarkan feedback dari Tim Evaluasi dan Penilaian Kinerja Kemantren terkait kesan dan pesan yang diberikan untuk Kemantren Mantrijeron menjadi catatan yang berarti demi mewujudkan pelayanan yang berdaya saing kuat untuk keberdayaan Masyarakat dengan berpijak pada nilai keistimewaan.