Upaya Pencegahan Bencana Menjelang Musim Hujan di Kawasan Lapangan Minggiran Kemantren Mantrijeron

MANTRIJERON (24/09/2022) - Kemantren Mantrijeron bersama dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca), Forum Kampung Tangguh Bencana (FKTB), Forum Kampung Siaga Bencana (FKSB), Pedagang Lapangan Minggiran (Pelangi), dan  Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta mengadakan kerja bakti dalam upaya mitigasi bencana serta pembersihan dan penataan Lapangan Minggiran. Kegiatan ini diinisiasi oleh FKTB dan FKSB yang dilaksanakan pada Hari Sabtu, 24 September 2022 di Kawasan Lapangan Minggiran. Turut hadir dalam kegiatan ini, Kapolsek Mantrijeron, Danramil 09 Mantrijeron serta Mantri Pamong Praja Mantrijeron.

Dalam arahannya, Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos., menyampaikan, "Apresiasi atas inisiasi kegiatan ini. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu mempersiapkan Lapangan Minggiran menjadi Ruang Terbuka Hijau yang aman dan nyaman, serta dapat dimanfaatkan oleh khalayak umum." Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan arahan dari Ketua Forum Kampung Tangguh Bencana terkait prosedur dan tata cara penebangan maupun pemangkasan pohon di area Lapangan Minggiran. Dalam kegiatan ini dibagi menjadi 3 kelompok dan tim dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta untuk mengerjakan kerja bakti di setiap sisi lapangan Minggiran. Penataan dilakukan dengan memotong ataupun memangkas pohon yang dianggap membahayakan bagi khalayak umum.

Turut hadir Taruna Siaga Bencana (Tagana) mendirikan dapur umum dalam rangka menyiapkan logistik bagi peserta kerja bakti di Lapangan Minggiran.