KEMANTREN MANTRIJERON RAIH JUARA 1 FESTIVAL KETHOPRAK KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2022

GONDOMANAN (15/07/2022) – Kemantren Mantrijeron mengikuti Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022 yang diprakarsai oleh Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 12-15 Juli 2022 di Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta. Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022 diikuti oleh 14 Kemantren se-Kota Yogyakarta. Kethoprak merupakan seni pertunjukan rakyat yang memiliki gabungan unsur, yaitu tari, suara, musik, sastra, dan drama. Menurut Pelaksana Harian Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Ratih Ekaningtyas mengatakan, "Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022 mengangkat naskah dengan tema sejarah Mataram dari masa Panembahan Senopati hingga masa Hamengku Buwono I."

Kemantren Mantrijeron bersama dengan 3 Kemantren lainnya, yaitu Kemantren Gondomanan, Kemantren Gondokusuman, dan Kemantren Ngampilan tampil pada hari Rabu, 13 Juli 2022, serta menampilkan Kesenian Kethoprak dengan cerita yang berbeda-beda. Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022 dibuka untuk umum dan tidak dipungut biaya, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Kemantren Mantrijeron, melalui Paguyuban Seni Mijil Sinanjung tampil pukul 21.00 WIB dengan membawakan cerita berjudul 'Klilip Mataram Kemantren Mantrijeron' yang disutradarai oleh Dida Damar dan artis bernama Bimo, Fitri, Rudi, Okta, Pardi ,Pascal, Dimas, Sasa, Nanda, Aulia serta diiringi pengrawit bidadari-bidadari nan cantik yang membuat pertunjukan semakin cantik dan anggun.

Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos., memberikan apresiasi tinggi kepada seluruh pihak yang telah terlibat dalam Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022, khususnya para seniman dari Kemantren Mantrijeron, sehingga dapat memberikan kebanggan bagi masyarakat Kemantren Mantrijeron atas raihannya dalam Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022. Melalui Festival Kethoprak Kota Yogyakarta Tahun 2022 diharapkan mampu melestarikan budaya-budaya di Kota Yogyakarta serta mampu memantik munculnya seniman-seniman di Kota Yogyakarta, khusus di Kemantren Mantrijeron untuk terus berkarya. Salam Budaya!!

Berikut adalah cuplikan penampilan dari Kontingen Kemantren Mantrijeron :

Credit Video Youtube : Dida Damar