KEMANTREN MANTRIJERON MENYELENGGARAKAN PENYULUHAN WAWASAN KEBANGSAAN BAGI KARANG TARUNA

MANTRIJERON (06/07/2022) - Kemantren Mantrijeron bersama Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Yogyakarta dan Karang Tarunan Kemantren Mantrijeron mengadakan acara Penyuluhan Wawasan Kebangsaan bagi Karang Taruna Kemantren Mantrijeron dengan tema Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Guna Menyukseskan Pemilu 2024 yang dilaksanakan di Pendopo Asmorodhono, Kemantren Mantrijeron. Penyuluhan Wawasan Kebangsaan bagi Karang Taruna Kemantren Mantrijeron dihadiri oleh Ketua Karang Taruna Kemantren Mantrijeron, Nirmala Prihatna, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Budi Santoso, S.STP., M.Si, Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos, dan anggota karang taruna Kemantren Mantrijeron. Acara dimulai dengan berdoa dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan penyampaian materi berkaitan dengan penyuluhan wawasan kebangsaan bagi karang taruna. 

Pada kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan bagi karang taruna, Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos, menyampaikan bahwa, "Pancasila muncul karena adanya kekuatan pemuda. Perbedaan orientasi pilihan dan kepentingan merupakan hal yang wajar dan biasa, namun integritas harus tetap menjadi pemersatu dalam kebhinekaan. Kita tidak boleh mengkultuskan orientasi pilihan dan mengkotak-kotakkan masyarakat berdasarkan pilihan dan kepentingan." Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, Budi Santoso, S.STP., M.Si., menyampaikan materi dengan tema "Antara Pancasila dan Pemuda, persatuan dan kesatuan bangsa menuju pemilu 2024". Dalam pemaparannya, Budi Santoso, S.STP., M.Si., selaku Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta, menyampaikan, "Kesbangpol Kota Yogyakarta memiliki berbagai macam program untuk segala jenjang umur, baik untuk pemuda maupun orang tua dengan tujuan untuk memberikan pendidikan politik bagi seluruh masyarakat dari berbagai macam jenjang usia."

Melalui kegiatan ini diharapkan Karang Taruna Kemantren Mantrijeron kedepannya mampu menjadi agen politik untuk menyampaikan dan membawa pesan positif dalam pemilu 2024. Acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan sharing pengalaman dan pemahaman dari anggota karang taruna dan juga Kepala Badan Kesbangpol Kota Yogyakarta.