KUNJUNGAN LAPANGAN LOMBA TKSK BERPRESTASI TINGKAT PROVINSI D.I.YOGYAKARTA DI KEMANTREN MANTRIJERON

MANTRIJERON (06/07/2022) - Tenaga Kesejateraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kemantren Mantrijeron, Suhimah, S.Sos. mewakili Kota Yogyakarta dalam Lomba TKSK Berprestasi Tingkat D.I.Yogyakarta Tahun 2022. Salah satu tahapan penilaian TKSK Berprestasi Tingkat D.I.Yogyakarta Tahun 2022 adalah kunjungan lapangan dari dewan juri yang berasal dari seluruh elemen. Turut hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Wirawan Hario Yudho, S.H., mewakili Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi, S.H., M.H., untuk memberikan dukungan penuh kepada TKSK Kemantren Mantrijeron, Suhimah, S.Sos., dalam Lomba TKSK Berprestasi Tahun 2022. TKSK Kemantren Mantrijeron, Suhimah, S.Sos. mengusung program yaitu TUGU MANTRI (Tuntas Migunani ing Mantrijeron) yang memiliki 3 fokus utama, yaitu dibidang kesehatan, pendidikan, dan ekonomi dengan tujuan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kemantren Mantrijeron.

Kunjungan lapangan lomba TKSK Berprestasi Tahun 2022 diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars TKSK. Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Wirawan Hario Yudho, S.H., menyampaikan dukungan kepada Ibu Suhimah, S.Sos, selaku perwakilan Kota Yogyakarta yang akan bersaing dengan TKSK Kabupaten lain di Provinsi D.I.Yogyakarta. Perwakilan dewan juri TKSK Berprestasi Tahun 2022, Dra. Winta Hayati menyampaikan, "bahwa dalam rangka mengapresiasi kepada para pejuang kesejahteraan sosial masyarakat, maka Pemerintah DIY melaksanakan Seleksi PSKS Berprestasi. Selain itu juga sebagai momentum untuk memberikan motivasi bagi tiap wilayah di provinsi DIY berlomba-lomba dalam melakukan kegiatan yang mendukung terciptanya kesejahteraan masyarakat."

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan presentasi singkat oleh TKSK Kemantren Mantrijeron, Suhimah, S.Sos terkait dengan program dan kegiatan yang telah dilakukan, yang dikemas menjadi program unggulan, yaitu Tugu Mantri. Selanjutnya dewan juri melakukan penilaian lapangan terhadap program yang telah dilakukan oleh TKSK Kemantren Mantrijeron, Suhimah, S.Sos. Terdapat 4 indikator penilaian lapangan yang dilakukan oleh dewan juri, yaitu PKBM, LKS, Ekonomi, serta administrasi TKSK. Penilaian terbagi menjadi 4 lokasi, dengan melakukan verifikasi lapangan dan pendamping masing-masing penanggunjawab. Selepas penilaian lapangan, acara dilanjutkan dengan penyampaian kesan/pesan dari perwakilan dewan juri selama kegiatan berlangsung, sekaligus kesan dari Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos., menyampaikan bahwa, "Mitra kerja kami, Ibu Suhimah, merupakan sosok yang memiliki hati mulia dalam bekerja, tidak kenal waktu dan pamrih. Dukungan penuh dari kami untuk Ibu Suhimah dalam lomba kali ini." 

Harapan besar kami untuk TKSK Kemantren Mantrijeron, Suhimah, S.Sos dapat menjadi perwakilan Provinsi D.I.Yogyakarta ke tingkat nasional melalui aksi dan kerja nyata yang telah dilakukan selama ini. Selain melalui aksi lapangan, TKSK Kemantren Mantrijeron juga memiliki program yang menggunakan media digital dan tersedia diwebsite Kemantren Mantrijeron, yaitu TKSK Corner.