KEMANTREN MANTRIJERON HADIRKAN LEMARI DISPLAY PRODUK UMKM

Kemantren Mantrijeron bekerja sama dengan Forum Komunikasi Usaha Mikro Kecil Menengah (FORKOM UMKM) Kemantren Mantrijeron untuk menyediakan media promosi bagi pengusaha UMKM yang berada di Wilayah Kemantren Mantrijeron. Media promosi ini merupakan sebuah pengembangan dari inovasi yang telah ada, yaitu Virtual Catalogue Mantrijeron (VCMJ). VCMJ merupakan inovasi yang muncul di era pandemi Covid-19 ini kegiatan sektor ekonomi dapat dikatakan terbatas seperti di dalam ruang lingkup umkm kegiatan yang biasanya dapat dilakukan dengan mengadakan pameran atau ekspo potensi umkm dan gapoktan yang bertujuan untuk peningkatan promosi tidak dapat dilakukan karena adanya pembatasan mobilsasi dan menjaga Jarak.

Gagasan dasar bagaimana kegiatan pemasaran UMKM ini bisa tetap berjalan dengan mengoptimalkan peran website dan sosial media dengan membuat menu Virtual Catalogue Mantrijeron (VCMJ) yang akan di muat di halaman website Kemantren Mantrijeron. VCMJ hadir dalam bentuk katalog digital yang berisi profil dan produk UMKM serta Kelompok Tani yang ada di wilayah Kemantren Mantrijeron. Gagasan ini bertujuan untuk memperkenalkan potensi UMKM yang ada di wilayah Kemanten Mantrijeron secara luas dan mudah, meningkatkan semangat dan kreativitas pegiat UMKM dan dapat meningkatkan pendapatan UMKM di era pandemi Covid-19 ini.

Alur Penggunaan VCMJ bagi Pengguna:

  1. Memperisapkan perangkat komputer/laptop/ handphone yang terkoneksi dengan internet;
  2. Masuk ke laman website Kemantren Mantrijeron;
  3. Memilih menu VCMJ;
  4. Memilih kategori UMKM, Gapoktan dan Cagar Budaya;
  5. Memilih menu katalog UMKM;
  6. Memlilih salah satu kategori usaha kuliner, craft atau fashion;
  7. Memilih salah satu toko UMKM yang akan di kunjungi;
  8. Memilih ikon Whatsapp untuk berkomunikasi/ bertransaksi dengan pelaku usaha.

Inovasi VCMJ bertujuan untuk membantu sektor ekonomi untuk tetap tumbuh yang selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan serta sebagai media promosi yang menarik dan mudah di akses secara luas sdan dapat dikembangkan secara berkelanjutan. Hasil inovasi VCMJ ini berupa surat keputusan yang di keluarkan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, serta katalog virtual yang dapat di akses melalui laman Website Kemantren Mantrijeron. Akses halam VCMJ silakan klik disini.