PELATIHAN UMKM BERBASIS DIGITAL DARI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA D.I.YOGYAKARTA

MANTRIJERON (09/03/2022) - Dinas Komunikasi dan Informatika D.I.Yogyakarta mengadakan pelatihan untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Kemantren Mantrijeron yang berlokasi di Pendopo Asmorodhono Kemantren Mantrijeron. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos, Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika D.I.Yogyakarta, Drs. Tri Saktiyana, M.Si, Anggota Komisi A, DPRD D.I.Yogyakarta, Muh. Syafii, S.Psi, serta Yudha Trisna selaku Owner Zero Media.

Kegiatan ini dibuka dengan berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan sambutan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos, "Kemantren Mantrijeron telah memiliki platform atau wadah untuk pelaku UMKM di wilayah Mantrijeron dalam memasarkan produknya. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat dimaksimalkan oleh para pelaku UMKM di wilayah Kemantren Mantrijeron sehingga dapat mengembangkan UMKMnya." Kegiatan ini kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber.

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika D.I.Yogyakarta sekaligus narasumber, Drs. Tri Saktiyana, M.Si, menyampaikan materi yang berkaitan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk UMKM dimasa pandemi. Drs. Tri Saktiyana, M.Si menjelaskan tahapan revolusi industri dimulai dari pra-revolusi industri hingga Revolusi Industri 4.0. Dalam kesempatan ini beliau juga memaparkan terkait dengan program-program yang ada dari Dinas Kominfo D.I.Yogyakarta yang berkaitan dengan pengembangan UKM di Prov. D.I.Yogyakarta.

Narasumber kedua, sekaligus anggota Komisi A, DPRD D.I.Yogyakarta, Muh. Syafii, S.Psi, menyampaikan materi terkait peran serta dan dukungan dalam optimalisasi pemanfaatan digital. Dalam pemaparannya, Muh. Syafii, S.Psi, menyampaikan bahwa, "Dalam kondisi saat ini UMKM menjadi garda terdepan dan tumpuan perekonomian negara. Harapannya dikondisi pandemi ini UMKM dapat tumbuh dan berkembang." Selain itu, Muh. Syafii, S.Psi, juga menjanjikan kepada peserta pelatihan akan memberikan perhatian terhadap pelaku UMKM di wilayah Kemantren Mantrijeron.

Yudha Trisna selaku Owner Zero Media sekaligus pemateri atau narasumber utama menyampaikan materi tentang penggunaan Google Apps dalam optimalisasi produk. Melalui pemaparannya, Yudha Trisna menyampaikan bahwa, "Memasarkan produk saat ini dapat menggunakan media yang telah ada, serta dapat menjangkau pangsa pasar yang lebih luas." Selain memberikan pemaparan, Yudha Trisna juga mengajak para pelaku UMKM yang hadir untuk mempraktikan proses pemasaran produk melalui media-media yang telah ada, seperti, facebookads, ataupun media sosial lain. Disamping itu, Yudha Trisna juga memberikan pengetahuan terkait dengan pengambilan gambar produk serta tips dalam memasarkan produk. Melalui pelatihan ini diharapkan para pelaku UMKM di wilayah Kemantren Mantrijeron dapat mengembangkan usahanya.