Penyuluhan Gerakan HATINYA PKK Kemantren Mantrijeron

MANTRIJERON (12/02/2022) - Penyuluhan Gerakan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Hatinya) oleh Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kemantren Mantrijeron dilaksanakan di Pendopo Asmorodhono Kemantren Mantrijeron pada tanggal 12 dan 13 Februari 2022. Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 10.00 WIB - 14.00 WIB yang dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos, dengan Narasumber Ketua TP PKK Kemantren Mantrijeron Retno Endah Andayani, S.Pd. dan Ketua Pokja 3 PKK Kemantren Mantrijeron Liring Asmorowati.

Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Affrio Sunarno, S.Sos, menyampaikan bahwa, "diharapkan agar kedepanya dapat lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan HATINYA PKK bukan hanya saat akan lomba tapi dapat di terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dan senantiasa menjaga keluarga dengan protokol kesehatan." 

Ketua TP PKK Kemantren Mantrijeron sekaligus narasumber, Retno Endah Andayani, S.Pd, memberikan penjelasan dengan tema 'Jenis dan Warna Tempat Sampah'. Dalam pemaparannnya Ibu Retno Endah Andayani, S.Pd menyampaikan bahwa, "Pengelolaan sampah harus diterapkan di lingkungan masyarakat sesuai dengan katagorinya, atau Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (AKU HATINYA PKK)." Selain menyampaikan materi terkait pengelolaan sampah, juga menyampaikan materai terkait bank sampah, dan juga rumah sehat.

Ketua Kelompok Kerja (POKJA) 3 Kemantren Mantrijeron sekaligus narasumber, Liring Asmorowati menyampaikan bahwa, “Program HATINYA PKK merupakan sebuah upaya dalam mewujudkan penganekaragaman pangan mandiri dengan memaksimlakan pekarangan atau halaman sekitar.” Melalui kegiatan ini diharapkan peserta yang hadir baik kader PKK, Gabungan Kelompok Tani, Pengurus Bank Sampah di wilayah Kemantren Mantrijeron dapat mengedukasi warga lainnya baik dalam pengelolaan sampah maupun pemanfaatan lahan pekarangan sekitar.