Roadshow Penyuluhan IVA di Dapur Balita RW 08 Kelurahan Mantrijeron

MANTRIJERON (11/06/2021) - TP PKK Kemantren Mantrijeron dan Remaja Mantrijeron berkerjasama dengan Puskesmas Mantrijeron selenggarakan Pekan IVA yang akan berlangsung mulai tanggal 10 Juni 2021 sampai tanggal 17 Juni 2021. 

Pelaksanaan roadshow penyuluhan IVA di Dapur Balita RW 08 Kelurahan Mantrijeron merupakan salah satu rangkaian acara pada Pekan IVA Kemantren Mantrijeron. Pada kesempatan ini dihadiri pula oleh ketua TP PKK Kemantren Mantrijeron, Ibu Retno Endah Andayani, S.Pd., Mantri Pamong Praja Mantrijeron, Bapak Affrio Sunarno, S.Sos., dan Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Ibu drg. Poerwati Sutji Rahajoe ,Sp BM(K)

Sebagai narasumber pada acara Penyuluhan IVA di Dapur Balita RW 08 Kelurahan Mantrijeron, yaitu Suhartini, S.Pd,. M.M dan Antik Suwardani. Diadakannya acara ini diharapkan mampu menyadarkan warga Kemantren Mantrijeron terkait bahaya dari Kanker Serviks (leher rahim) dan bagaimana cara mendeteksi kanker serviks ini. Pada kesempatan ini pun juga diperagakan dengan menggunakan media bagaimana Tes IVA dilakukan.

Tujuan pada acara ini adalah untuk mengajak wanita usia subur (yang masih menstruasi) umur 30 - 50 tahun, yang masih punya pasangan atau yang sdh janda atau wanita remaja yg sudah melakukan sexual aktif untuk dengan kesadaran diri melakukan pemeriksaan IVA dapat dilakukan di Puskesmas, rumah sakit dan bidan praktik mandiri yang idealnya setiap tahun sekali kalau tidak ada resiko kanker leher rahim karena bila terdeteksi pra kanker akan segera bisa ditangani sedini mungkin dan akan ada harapan untuk kesembuhannya.