Inovasi, Daftar Kunjungan Online Kecamatan Mantrijeron

Selain mengenakan masker, cuci tangan dengan sabun, serta jaga jarak yang merupakan protokol kesehatan dalam menyambut New Normal, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta memiliki inovasi dengan membuat daftar kunjungan online bagi setiap orang yang berkunjung ke Kecamatan tersebut.

Dikatakan Camat Mantrijeron, Subarjilan, setiap masyarakat yang berkunjung ke Kecamatan wajib mengisi daftar kunjungan online dengan cara scan barcode dengan menggunakan handphonenya, atau apabila ada yang tidak memiliki smartphone untuk melakukan scan barcode tersebut, akan dibantu oleh petugas yang ada disana.

“Nanti kalau mau ke kecamatan dipersiapkan handphonenya, karena sekarang setiap kunjungan ke kecamatan harus mengisi daftar kunjungan online dengan cara scan barcode,” kata Subarjilan, Rabu (17/6/2020) ketika mencoba scan barcode di kecamatan setempat.

Tujuan dibuat daftar kunjungan online ini, menurut Subarjilan untuk memudahkan menyusuri (Tracing) apabila ditemukan kasus covid-19 di wilayahnya yang melibatkan kawasan (Kantor Kecamatan Mantrijeron). “Terlebih apabila nanti ternyata pasien positif tersebut pernah mengunjungi kantor kecamatan, nah kita akan mudah untuk melakukan tracing siapa saja yang datang ke kecamatan pada hari yang sama,” paparnya.

Pengunjung kecamatan nantinya akan diminta untuk scan barcode dan diarahkan kepada menu untuk mengisi data diri seperti nomor induk kependudukan (NIK), nama lengkap, alamat, dan tujuan kedatangannya.

“Dengan daftar kunjungan online kita bisa mengantisipasi penyebaran covid-19 mulai dari kawasan kantor Kecamatan Mantrijeron. Rencananya nanti kedepan, tempat-tempat keramaian di wilayah Mantrijeron juga akan diberlakukan hal yang sama dengan membuat daftar kunjungan online,” pungkas Subarjilan. (mar)

Sumber : http://jogja.kabardaerah.com/inovasi-daftar-kunjungan-online-kecamatan-mantrijeron/